Home » » Tips & trik menghadapi PSIKOTEST terbaru

Tips & trik menghadapi PSIKOTEST terbaru

Posted by Reza Ekaputra on Wednesday, 25 July 2012

Fakta menyebutkan bahwa walaupun IP gede, blm tentu lolos psikotest.. So, bagi Anda para pencari kerja, jangan pernah menyepelekan test yg satu inih.. Buat anak teknik khususnya, ada berita gembira.. Survey menyebutkan kalo anak2 Eksak biasanya mendapatkan nilai lebih tinggi daripada anak2 non eksak.. Apalagi teknik, gak cuma eksak, tp sehari2 main dgn logika! So, dont worry!
Well, kenapa Psikotest itu perlu?
Walau tingkat kebenarannya tidak 100% menggambarkan diri kita, psikotest dipercayai dapat menjaring ‘orang-orang yang diharapkan’ dari sekian banyak oran lainnya.. Simple-nya psikotest digunakan sbg alat bantu untuk mendapatkan ‘The right man in the right place‘ di tahap2 awal.
Sebelum hari H psikotest, Malem/ hari sebelumnya, please do:
Quote:1. Tidur! Jangan begadang.
2. Reschedule janji esok hari ke hari lain, karena psikotest biasanya mkn waktu seharian(pagi-sore) bahkan pernah sampe malem kalo marathon sama wawancara.
3. Latihan (opt): Meliputi latihan TPA/ TPU, deret gambar, dan latihan gambar orang/ pohon.
4. Re-check apa yg harus dibawa

Apa aja kira2:
Quote:1. Pensil HB (baca :HA-BE bukan 2B, bukan pula mekanik!)
2. Pulpen (Black ink)
3. Air mineral
4. Makanan ringan/ roti/ Permen (opt)
5. CV (including SKL, transkrip, ktp, sim, sertifikat, foto 3×4 dan 4×6, KK atau minimal tanggal lahir dan pekerjaan orang tua, dan saudara2 sekandung kita)

Berikutnya Anda telah siap untuk menjalankan psikotest.. Tapi ada beberapa hal yang perlu diingatkan ketika Anda mulai mengerjakan test!
Quote:1. Percaya pada kemampuan sendiri, gak usah liat2 orang lain.. Perhitungan psikotest hampir gak pernah dikasi tau, apakah sistem minus, atau gmn. jadi gak usah terlalu ribet mikirin kerjaan pnya orang..
2. Jujur, terutama bagian EPPS, cobalah untuk jujur dan spontan.. gak jujur pun ntar ketahuan, terlihat dari ketidakkonsistenan dlm menjawab.
3. Tenang, SANGAT DIBUTUHKAN! Terutama untuk bagian Pauli/Kraeplien!
4. Konsentrasi, terutama di bagian deret gambar, atau kubus yg dibolak balik.. (gw nyerah bagian ini T_T)
5. Dengarkan baik2 ucapan pengarah test.. Untuk mengetahui cara mengisi di lembar jawaban(apakah dibuletin, disilang, atau cuma dicoret)
6. Jangan lupa tulis biodata sesuai isian yg disediakan di tiap lembar jawaban… even itu cuma milih antara laki-laki/perempuan… Nomor Test harap DIINGAT!
7. Psikotest ini waktunya terbatas dan biasanya lama waktu tidak disebutkan. Jadi jangan sok jadi ‘Smart Guy’ di tiap nomor soal hanya karena penasaran. Do it faster, cr yg gampang lebih dulu!

Oke, Seperti apa sih soal2nya?
Biasanya psikotest terdiri atas 2 tahap(AI, AGIT).. Dan berlaku sistem gugur. Tp tergantung perusahaan/ instansi yg ngadain jg sih.. Kadang ada yg per test langsung sistem gugur(BII). Bentuk soal jg berbeda2.. Biasanya soal2 yg dibeli/kerjasama dgn pihak lain(misal IT Telkom dari Unpad), soal2nya standar dan lebih mudah.. Tp untuk soal bikinan HRD setiap perusahaannya, biasanya tragis! Deret angka di AI contohnya, dari 20 soal yg ada, rata2 yg ngerjain cuma 8-9 nomor(hasil interview bbrp org sesama jobseeker AI ). Well, tp sulit atau gampang bisa dilatih, dan itu jadi tanggung jawab sendiri untuk mengatasinya.. Yg penting jangan nyontek! Back to rule #1. Buat NewBi (betul2 blm pernah psikotes nih), Bisa jg dengan mengenali terlebih dahulu soal2 yg ada dalam psikotest..
Soal2 yg rentan keluar
Tahap I
1. TPA (Test Potensi Akademik)

Spoilerfor TPA:
Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu. Biasanya berupa deret angka, serta itung2an sederhana. Contoh :
Quote:* suatu seri 1,3,2,4,3,5, …, … Seri berikutnya adalah ? Contoh soal ada di link berikut Deret Angka/hurufl
* Pak amin beli baju 25ribu, diskon 25% untuk setiap pembelian kedua, dan tidak berlaku kelipatannya.. Pak Amin beli 3 baju, berapa total uang yg ia keluarkan.. Hitung Cepat

2. TPU (Test Pengetahuan Umum)
Spoilerfor TPU:
Bentuknya macam2. Ada soal pilihan ganda, sejenis teka teki silang, atau isian singkat. Tujuannya cm ingin ngetest kemampuan2 dasar, mungkin untuk menilai orang ini gaul apa autis.. Biasanya di test2 CPNS pasti keluar, bahkan di bagian perbankan, ada test pengetahuan perbankan (kata temen).
contoh :
Quote:* Terdiri dari 5 huruf, berakhiran N adalah sesuatu yang dipenuhi bungaTebak-tebakan
* Undang2 yang lagi hangat dibicarakan saat ini adalah tentang nikah ….
* Undang2 yang mengatur syariah itu UUD no…(ini keknya ujian masuk bank syariah/muamalat)

3. Test Verbal
Spoilerfor Verbal:
Terdiri dari banyak kata dlm bentuk sinonim/antonim/analog kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika Anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana Anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan. Ada shortcut nya kalo buat ngelatih test ini, sering2 aja baca bagian test verbal. karena biasanya soalnya mirip2, perbendaharaan katanya sama dari masa ke masa.. : Contoh :
Quote:* Tinggi : Rendah = Berat : ….
* Wanita : Kebaya = Pria : ….
* Mana yg salah diantara kata berikut : Busway, Bis, Angkot, Taksi, Truk?
Semua ada di sini Sinonim/Antonim/Analog kata

4. Deret Gambar
Spoilerfor Deret Gambar:
Selain angka, rasanya deret gambar selalu muncul baik dalam 2D maupun 3D. Ada yg dibolak balik, direfleksikan, ada juga persoalan seperti kubus berikut.

Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami pola-pola/ kecenderungan tertentu dari gambar. Biasanya berkaitan dengan daya abstraksi dalam memecahkan masalah. Klik link terkait untuk test gambar lainnya Deret gambar I dan Deret gambar II
Keseluruhan tahap I biasanya yg jadi outputan adalah besar IQ Anda.. Misal perusahaan membutuhkan IQ minimal 110, maka yg keterima ke tahap berikutnya ya yg IQ-nya 110 ke atas. Cmiiw

Tahap II
1. Pauli/Kraeplien
Spoilerfor Pauli/Kraeplien:
Biasanya orang2 nyebutnya test Koran, seperti contoh berikut:
== >
Cara ngerjain nya udah pada tau kan? Tinggal menjumlahkan 2 angka yg berdekatan lalu menuliskan hasilnya di sebelah kanan atau kiri. Untuk hasil puluhan, yg ditulis hanya satuannya saja.
Kalo Pauli isi mulai dari ujung kiri, dari atas ke bawah. Jumlah angka lebih banyak, bolak balik. tapi angka lebih besar dan enak dilihat. Instruksinya hanya menjumlah dari atas ke bawah, sampai terdengar bunyi “GARIS” lalu dilanjutin lagi. Berbeda dengan Kraeplien, dimulai sama2 dari ujung kiri, cuma dari bawah ke atas. Dan ini dibatasi waktu yg sepertinya hanya 10-20 detik, abis itu langsung ganti kolom..
Nah, inti dari test koran ini, baik pauli maupun kraeplien, adalah melihat grafik hasil hitungan, sebagai kemampuan Anda bekerja di bawah tekanan, kebenaran dalam menjumlah, sbg tingkat ketelitian selama kerja, kecepatan kerja, juga banyaknya pekerjaan yg dihasilkan.
Kalo kraeplien biasanya cm ada 4 hasil yg mungkin.. Yg kalo ditransformasikan ke dalam grafik akan membentuk grafik2 di bawah ini. Grafik ini yg biasanya menjadi kesimpulan tentang produktivitas, dan ketahanan kerja seseorang.. Grafik ini terbentuk dari lajur2 hasil penjumlahan ke atas dari kiri ke kanan

2. Wartegg Test
Spoilerfor Wartegg:

Ini disebut test Wartegg (baca: Warteg pake g-nya dua). Terdiri dari 8 potongan gambar yang selalu sama di setiap psikotest. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual, dan aktifitas subjek. Banyak pendapat tentang test inih.. Ada yg blg kalo setiap 4 kotak berarti makhluk hidup, 4 kotak lain benda mati. Ada jg yang bilang kalo setiap kotak punya makna masing2, contoh kotak 5, bagi cowok jangan digambar di urutan pertama, karena artinya tentang orientasi seks Anda. Pendapat lain menyebutkan, jika Anda menggambar terurut dari nomor 1 sampe 8, Anda akan dicap kaku dan tidak kreatif. Sebaiknya Anda menggambar acak aja, misal 63541278. Contoh gambar jadi, dan bisa dicontoh oleh temen2 adalah gambar berikut:

Nah untuk test Wartegg ini, gw gak make pendapat2 di atas. Gw make pendapat yg satu inih. Jadi kan ada 8 kotak tuh. Kalo Anda berjenis kelamin laki2, gambarlah terlebih dahulu untuk 4 urutan pertama, potongan gambar ber’garis’ atau kotak! Gambarnya seperti apa? yg berbau2 cowok alias jantan. Misal gambar pisau, komputer, mobil, pistol, dll. Empat gambar lainnya yg melengkung atau bulat, urutkan di 5678 (urutan bebas), dgn gambar2 melankolis, atau berbau cewek. Misal gambar bunga, bulan, perhiasan, boneka, payung, dsb
copy from kaskus.com


3 comments:

  1. mantaff
    Mas mau nanyak untuk test (eeps) itu biasanya menilai tentang kejujuran dan konsistensi ya?
    biasanya ada soal yang sama? nah di antara 2 soal yg sama itu kita memilih lain gmna YA? karena soal yg kedua ini kita lebih condong yg lain bukan soal yng kita pilih dari awal sehingga jawabanya lain???

    ReplyDelete
  2. bner bnget tu, tpi menurut pengalaman saya konsistensi jawaban untuk menilai kejujuran & konsistensi kita...
    sya sarankan agar kalau ada soal yang sama lebih baik kita menjawabnya dengan jawaban yang sama.
    terima kasih....

    ReplyDelete

UC Browser adalah browser hp terbaik & gratis, Download sekarang untuk browsing cepat & hemat pulsa

klik saya

Total Pageviews

There was an error in this gadget

Followers

Entri Populer

.comment-content a {display: none;}