Skip to main content

5 Resep Membuat Menu Masakan Sahur Praktis Ramadhan

5 Resep Membuat Menu Masakan Sahur Praktis Ramadhan

Posted by Admin Sebelah Sunday, July 7, 2013 0 komentar
Setelah kemarin berbagi 6 resep minuman buka puasa, rasanya kurang lengkap kalau tidak share hidangan untuk sahur ramadhan bersama keluarga. Sebenarnya menu masakan berbuka puasa dan sahur tidak akan jadi masalah kalaupun sama. Namun kadang kala kita bosan dengan menu yang itu itu saja untuk itu kita mesti pintar pintar memilih menu untuk sahur.
Sering kali saat sahur juga menjadi saat malas untuk makan hal ini bisa dikarenakan mengantuk atau terlalu banyak makan saat berbuka puasa. Padahal sahur sangat diperlukan untuk memperlancar puasa kita walaupun bukan hal yang wajib. Selain itu Waktu sahur juga waktunya terbatas, sehingga kita perlu cerdas dalam memasak hidangan sahur. Untuk itu membuat hidangan sahur praktis dan penuh gizi menjadi solusinya.

resep aneka masakan sahur enak mudah dan praktis

1. Resep Daging Sapi Lada Hitam | Menu Sahur

Bahan Membuat Daging Sapi Lada Hitam
Daging sapi 350 g ( has dalam )
bawang putih 7 siung
bawang bombay 1 buah ( iris 1 cm )
merica hitam sesuai selera
air 300 cc
paprika hijau 1/2 ( buang biji, potong kotak )
paprika merah 1/2 buah ( buang biji, potong kotak )
minyak goreng 4 sdm

Saus Daging Sapi ( campur jadi satu ) :
minyak wijen 1 sdt
Kecap manis 2 sdm
kecap asin 1 sdm
kecap saus tiram
baking powder 1 sdt

Cara membuat Daging Sapi lada hitam
  • Potong kotak daging sapi kemudian masukan kedalam saus. Aduk sampai tercampur rata, diamkan selama 30 menit.
  • Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan daging sapi dan sausnya, Masak sampai daging berubah warna. Tambahkan air sampai kuah mengental dan daging lunak.
  • Tambahkan bawang bombay dan paprika, aduk sampai matang, masukkan merica aduk kembali sampai rata. Angkat, daging sapi lada hitam siap disajikan.
tag : 
menu sahur hidangan sahur masakan sahur makanan sahur resep sahur masakan sahur praktis masakan untuk sahur kumpulan resep sahur resep masakan sahur resep untuk sahur resep makanan sahur resep sahur praktis resep menu sahur menu makan sahur daftar menu sahur makanan untuk sahur menu untuk sahur menu makanan sahur menu sahur sehat menu sahur sebulan menu sahur praktis

2. Resep Sop Ikan Patin | Menu Sahur
Bahan Membuat sup Ikan patin
ikan patin 500 g ( potong potong )
bawang putih 4 siung ( iris tipis )
bawang merah 5 buah ( iris tipis )
cabe rawit merah 10 buah
air jeruk nipis 2 sdm
tomat 4 buah
serai 2 batang ( memarkan )
kunyit 1 ruas ( memarkan )
jahe 1 ruas ( memarkan )
daun salam 5 lembar
daun jeruk 5 lembar ( buang tulang daunnya )
gula pasir 1 sdt
garam 1 sdt
Cara membuat Sop ikan patin
  • Olesi daging ikan patin dengan air jeruk nipis dan garam
  • Didihkan air lalu masukkan irisan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, daun sala, serai, daun jeruk dan daun salam, masak sambil diaduk sesekali sampai bumbu matang.
  • Masukkan daging ikan pating, tambahkan gara,cabe rawit, air jeruk nipis, tomat dan gula. Masak sampai bumbu meresap kedalam ikan.
3. Resep ayam rica | Menu Sahur
Bahan Membuat Rica Rica ayam Sayur
daging ayam 500 g ( potong potong )
sawi bakso 200 g ( iris )
wortel 1 buah ( iris iris )
Bumbu ayam rica 1 ( haluskan )
bawang merah 6 buah 
bawang putih 5 buah
merica bubuk 1/2 sdm
ketumbar 1/2 sdm
pala 1 buah
Bumbu ayam rica 2 :
cabe rawit 7 buah
daun jeruk 3 lembar
kecap 3 sdm
gula jawa secukupnya
garam secukupnya
Cara Membuat Ayam rica rica 
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum lalu tambahkan cabe rawit dan daun jeruk.
  • Tambahkan 2 gelas air, tambahkan gula jawa dan garam.
  • Selanjutnya masukan daging ayam dan tambahkan kecap, aduk sampai rata. Masak ayam rica rica sampai matang dan empuk sambil diaduk aduk. lalu tambahkan wortel dan sawi bakso. Angkat dan hidangkan.
4. Resep Sayur Bayam Enak dan Sehat

Bahan membuat sayur bayam
bayam 1 ikat ( siangi ambil daunnya )
cabe merah 2 buah ( potong serong )
bawang putih 3 siung ( iris tipis )
bawang merah 4 siung ( iris tipis )
lengkuas 1 ruas ( mearkan )
jahe 1 ruas ( memarkan )
Kecap manis  3 sdm
garam secukupnya

Cara membuat Sayur Bayam
  • Cuci bayam sampai bersih dan tiriskan.
  • Panaskan 200 cc air sampai mendidih kemudian masukkan bumbu bumbu. Selanjutnya masukkan sayur bayam, tambahkan kecap aduk sampai bumbu tercampur rata.
  • Diamkan sebentar kemudian angkat dan sajikan.
5. Resep Tumis Sawi Putih Telur Puyuh

Bahan Membuat Tumis Sawi utih
sawi putih 200 g ( potong potong )
telur puyuh 5 butir ( rebus, kupas )
jamur kancing 50 g ( belah  2 )
wortel 100 g ( potong serong )
bawang bombay 1 buah ( potong panjang
bawang putih 1 siung ( memarkan )
kecap manis 3 sdt

Bumbu Tumis ( haluskan )
bawang putih 3 siung
merica 1/4 sdt
gula pasir 1/2 sdt
garam 1/2 sdt

Cara Membuat Tumis Sawi Telur Puyuh
  • Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu, Masukkan bumbu halus, tumis hingga beraroma harum.
  • Kemudian masukkan telur puyuh, aduk sampai rata. Masukkan wortel aduk aduk sampai layu.
  • Tambahkan sawi putih, aduk hingga setengah layu kemudian tambahkan kecap manis, aduk rata kembali.
  • Tuang air, masak hingga matang. Tambahkan bawang, aduk rata kembali. Angkat dan sajikan
Demikian 5 Menu masakan untuk sahur, Selain menu diatas jangan lupa untuk menyajikan susu dan aneka buah buahan untuk sahur bersama keluarga. Selamat membuat menu sahur dan selamat menunaikan ibadah puasa. oh ya hampir lupa ada tips membuat menu masakan sahur nih :

7 Tips Membuat Menu Sahur Untuk Keluarga
  1. Hidangan sahur sebaiknya mengandung karbohidrat komplek karena menu dengan nilai karbohidrat yang tinggi akan lebih lama dicerna sehingga dapat menjadi cadangan energi. Contoh : nasi merah, gandum utuh, sayur sayuran dan biji bijian.
  2. Buatlah menu hidangan yang mengandung banyak serat terutama sayur sayuran tapi sebaiknya hindari 
  3. sayuran yang bisa menimbulkan kembung seperti kol dan caisin. Selain serat dari sayuran serat hewani juga tetap kita perlukan, jadi bisa kita variasikan agar menu sahur kita tidak membosankan.
  4. Saat Makan Sahur janganlah berlebihan atau makan terlalu sedikit, sebaiknya kita makan sesuai porsi normal. Berlebihan saat makan sahur membuat perut tidak nyaman selain itu juga tubuh jadi lebih cepat dehidrasi, sebaiknya porsi yang terlalu sedikit membuat tubuh menjadi lemas.
  5. Makan sahur sebaiknya diwaktu akhir namun jangan sampai kita terburu buru yah, oleh karena itu sebaiknya 30 menit sebelum waktu imsak menu sahur harus sudah siap untuk disantap.
  6. Minum air putih yang cukup dapat membuat kita lebih tahan terhadap dehidrasi, sebaiknya hindari terlalu banyak minum manis manis.
  7. Terakhir, Jangan lupa niat untuk berpuasa.
copy from www.masakkue.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara jitu mempercepat download (NO HOAX)

Disclaimer Trick di bawah ini murni temuan ane sendiri dan sudah pasti tidak repost. Kalaupun ada yang mengaku sudah menggunakan cara ini, berarti kita memang berjodoh dan punya pemikiran yang sangat mirip  Ini bukan trick sulap atau sihir yang dijanjikan bisa buat kecepatan download anda sekejap bertambah cepat dengan beberapa klik. TRIK INI MEMBUTUHKAN BEBERAPA PERJUANGAN tapi ane jamin hasilnya akan SANGAT MEMUASKAN Trick ini tidak membutuhkan anda mengeluarkan uang sedikitpun untuk membeli premium account Trick ini menggunakan program freeware alias gratissss. Adapun program trial yang digunakan bersifat optional alias boleh dipake boleh juga ngga Sebelum ane ngomong panjang lebar, ane kasih liat dulu buktinya. cekidot: Spoiler  for  BUKTI :  ini adalah kecepatan asli ane tanpa trik ini kecepatan setelah pakai trik ini adalah screen shot download manager ketika ane download film dari medi*fire. Perhatikan kecepatannya gan  Selamat malam agan2 sekalian. Hari ini ane

Cara Mengganti Ekstensi File atau format file Di Windows 7

Cara Mengganti Ekstensi File Di Windows 7 Jika Anda mengubah ekstensi nama file tidak cocok, file tersebut tidak akan terbuka dengan benar, bahkan tidak bisa terbuka. Itulah sebabnya nama ekstensi   file format   biasanya tersembunyi secara default pada Windows. Tapi kadang-kadang akan lebih mudah jika Anda dapat melihat ekstensinya. Pada Windows 7, pertama, Anda klik pada tombol Mengatur pada menu Folder, kemudian pilih Folder dan Cari Pilihan dalam menu drop-down. Ketika kotak   dialog   Folder Options   muncul, buka   tab View , klik hapus centang di “ Hide extensions for known files type" nomor 2 yang kelihatan dari gambar. dan  Klik apply dan OKuntuk menyelesaikan Lalu kita buka file yang ingin kita ganti ekstensinya, dengan menggunakan rename file tersebut dan diakhiri dengan tipe/format ekstensi yang kita inginkan,, misalnya saya ingin merubah file film saya yang masih berbentuk .rar menjadi .mkv seperti berikut ini:  Dan file ters

Taktik dan Strategi Ampuh Serta tips dan trik dalam bermain Online Soccer Manager Terbaik

  OSM   atau   Online Soccer Manager   yang dulunya merupakan   OFM   atau Online Football Manager   ialah web   based strategy   game dimana anda akan berperan sebagai pelatih dari sebuah klub sepakbola. Klub-klub dalam OSM mempunyai skuad seperti klub aslinya. Bagi anda yang belum mencoba, saya sarankan coba deh, karena sampai sekarangpun saya juga masih main loh. Selain itu, anda bisa bebas memilih klub mana yang anda suka, baik dari berbagai negara di dunia dan liga-liga yang ada di duniapun ada. Jadi dapat disimpulkan bahwa game di OSM merupakan game yang memiliki klub terlengkap deh. Ditambah lagi, pemain-pemain masing-masing klub selalu update terus, sehingga seperti halnya klub impian anda. Game ini sangat sederhana dan tak membutuhkan waktu yang lama tiap harinya, cukup hanya menyita waktu niners 5-10 menit saja. Jika untuk sekedar pelepas penat anda dan bagi anda yang memang suka bermain  game strategy   terutama bola, apa salahnya kalo untuk mencoba game OSM ini. Anda cukup