Home » » tips dan trik menghadapi tes toefel

tips dan trik menghadapi tes toefel

Posted by Reza Ekaputra on Tuesday, 22 October 2013

1. Dalam menghadapi tes TOEFL, anda jangan terlalu mempunyai keinginan yang besar dalam menjawab 100% benar, karena itu akan sangat memaksakan diri serta kemampuan yang anda miliki. Anda cukup menjawab paling tidak hanya 75%-nya saja, itu pun sudah lebih dari cukup. Jika anda terlalu memaksakan diri anda, saya yakin hasil yang anda dapatkan tidak akan sempurna. Utamakanlah jawab soal yang menurut anda yakin itu pasti benar.
2. Sebelum anda melaksanakan tes TOEFL, sangat dianjurkan untuk anda tidak berpergian dimalam harinya. Karena itu akan sangat membuat diri anda terlihat kurang semangat dalam menghadapi tes TOEFL. Selain itu, mungkin anda juga akan sangat kekurangan konsentrasi karena kekurangan beristirahat.
3. Selain hal diatas, sebelum tes TOEFL terlaksana, anda dianjurkan untuk membawa paling tidak 4 buah pensil. Karena itu akan mampu membantu anda dalam memanfaatkan waktu yang nantinya diberikan oleh pihak penguji. Dan usahakan juga, ke-4 pensil tersebut sudah dalam keadaan siap pakai.
4. Hal yang mungkin sering terlupakan yaitu kartu pengenal, jadi diusahakan sebelum anda berangkat siapkan terlebih dahulu kartu pengenal yang nantinya pasti dibutuhkan. Jangan sampai kejadian tertinggalnya kartu pengenal menjadi masalah besar untuk anda dalam menghadapi tes TOEFL.
5. Bangunlah lebih awal dari biasanya, karena jika anda terlambat sedikitpun, biasanya pengawas atau pihak penguji tidak akan mengijinkan anda untuk masuk ke dalam ruangan serta anda tidak akan bisa mengikuti tes tersebut.
6. Sebelum anda berangkat, usahakan anda untuk sarapan terlebih dahulu. Karena biasanya dalam pelaksanaan tes TOEFL akan berjalan sangat lama tanpa adanya istirahat.
7. Dan satu hal yang harus kalian ingat, selama proses tes tersebut terlaksana, anda sangat tidak diperkenankan untuk membuka atau mempergunakan buku, kamus, hp atau sejenisnya. Dan anda harus duduk pada tempat yang sudah tersedia, karena biasanya selama tes berlangsung, tempat duduk yang disediakan sudah diatur oleh pihak panitia.
8. Hindari komunikasi saat pelaksanaan tes, karena itu bisa ditapsirkan anda sedang mencontek.
9. Jawab soal yang menurut anda mudah terlebih dahulu, itu akan sangat mengefektifkan waktu anda. Dan untuk proses mengisi jawaban, pilih salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda hitam secara penuh pada lingkaran oval jawaban yang telah tersedia.
10. Jika anda salah menjawab, namun anda telah menjawab salah satu jawaban. Anda dapat menghapusnya dan pilihlah jawaban yang menurut anda itu benar. Namun hati-hatilah saat menghapus, karena bila anda kurang berhati-hati, itu bisa merusak lembar jawaban anda. Dan pada lembar soal, biasanya sangat tidak dianjurkan untuk anda menandai jawaban, atau anda mencorat-coret lembar soal tersebut.
11. Usahakan semua soal telah terjawab, jangan sampai anda mengkosongkan salah satu jawaban anda. Karena jawaban yang salah tidak akan mempengaruhi nilai anda.
12. Jika anda tidak yakin dengan mana jawaban yang benar dari seluruh jawaban yang tersedia, lakukan tips berikut: Anda harus memperhatikan jawaban-jawaban mana saja yang menurut anda salah, lalu dari jawaban yang tersisa anda bisa memilih salah satu jawaban yang menurut anda paling benar.

Tips-tips Cara Belajar TOEFL Sendiri


1. Biasakan diri dengan 3 format TOEFL
TOEFL memang memiliki aspek yang harus dikuasai yaitu writing, reading, dan listening. Nah, jika Anda ingin belajar sendiri, pastikan terbiasa dengan tiga aspek tersebut. Caranya adalah dengan sering latihan menggunakan buku, dan juga PC atau laptop.

2. Gunakanlah tes-tes simulasi TOEFL
Jika Anda sudah sering belajar bagaimana tips menghadapi TOEFL, maka yang selanjutnya adalah mengerjakan simulasi tes TOEFL. Anda bisa menggunakan contoh soal TOEFL yang sudah mempunyai jawaban yang benar, kemudian coba kerjakan soal tersebut seperti layaknya saat tes TOEFL, dan tanpa melihat jawaban dengan benar. Jika sudah, silakan cocokkan dengan jawaban yang benar. Ini akan membuat Anda lebih siap dengan tes TOEFL.

3. Sering-seringlah  mendengarkan percakapan bahasa Inggris
Ini akan membiasakan telinga Anda dengan bahasa Inggris serta dapat belajar logat dan pengucapan kata-kata tertentu sehingga pada saat tes setidaknya banyak yang di mengerti dengan kata-kata tertentu dalam bahasa Inggris ketika sesi listening.

4. Gunakanlah soal yang berganti-ganti dan belum pernah dikerjakan
Ini akan membuat belajar Anda lebih optimal karena akan menghadapi soal-soal yang fresh. Dengan itu, kemampuan dalam menyelesaikan soal akan semakin meningkat.

5. Uji coba kemampuan dengan teman
Walaupun ini bukan termasuk belajar sendiri, namun dengan mencoba kemampuan dengan teman, Anda akan menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi TOEFL. Selain itu, Anda bisa bertukar pendapat dan juga bisa menyelesaikan beberapa masalah dalam uji coba bersama teman.

Strategi umum yang harus diketahui dalam setiap sesi dalam tes listening TOEFL:
  1. Be familiar with the directions.
    Terbiasalah dengan petunjuk-petunjuk dalam mengerjakan tes TOEFL karena umumnya petunjuk dalam mengerjakan soal itu sama. Dalam tes listening akan ada petunjuk mengerjakan soal listeningyang diperdengarkan melalui tap recorder sebelum tes dimulai. Olehnya, petunjuk mengerjakan soal harus diketahui secara jelas sebelum mengikuti tes. Penulis (mohon maaf keluar dari aturan akan tidak bolehnya melihat soal sebelum diperintahkan) menyarankan Anda melihat-lihat pilihan jawabanlistening terutama soal-soal awal agar Anda punya bayangan terkait topik yang dipercakapkan.
  2. Listen carefully to the conversations and talks. 
    Anda harus betul-betul berkonsentrasi mendengarkan apa yang dikatakan pembicara dalam rekaman karena hanya diperdengarkan satu kali.
  3. Know where the easier and more difficult questions are generally found. 
    Perlu diketahui bahwa dalam setiap soal listening tingkat kesulitan terus meningkat dari soal ke soal. Olehnya berusahalah semaksimal mungkin menjawab soal-soal yang datangnya lebih awal.
  4. Never leave any answers blank on your answer sheet.
    Jangan pernah kosongkan lembar jawaban Anda.  Dalam tes TOEFL tidak ada penguranagn nilai walaupun jawaban Anda salah. Olehnya, ada baiknya lembar jawaban diisi saja.
  5. Use any remaining time to look ahead at the answers to the questions that follow. 
    Ketika Anda telah menjawab no.1 misalnya. Cepatlah untuk melihat pilihan-pilihan jawaban no. 2 agar Anda cepat membaca isi topik yang akan dibicarakan. Dengan melihat pilihan jawaban -sebelum mendengar percakapannya- paling tidak Anda akan mendapat bayangan mengenai bentuk soal yang akan muncul.

semangat terus belajarnya ,, jangan lupa istirahat, minta do'a sama orang tua dan masih banyak lagi deh semoga sukses menghadapi tes nya admin doakan dapet skor 600 ... terima kasih atas kunjungannya.....  :D


0 comments:

Post a Comment

UC Browser adalah browser hp terbaik & gratis, Download sekarang untuk browsing cepat & hemat pulsa

klik saya

Total Pageviews

There was an error in this gadget

Followers

Entri Populer

.comment-content a {display: none;}