Skip to main content

tips dan trick jitu dan ampuh bermain clash of clans

Clash of Clans: Tips Trik jitu Bermain
Cara Bermain Clash of Clans | Setiap game tentu ada tips bagaimana supaya kita menang. Bagaimana dengan Clash of Clans? Bagaimana cara terbaik memainkannya?
Jujur saja, saya sendiri baru dua minggu memainkannya di Xperia Ray. Asyik, gameplay-nya sederhana, mudah, tapi tetap menantang. Jangan tanya peringkat, masih rendah. Itupun karena saya harus menginstall-nya dua kali, biasa, tergoda pakai ROM lain setelah sebelumnya begitu nyaman dengan stock ROM, sekarang di posisi UHD 5.0.1.
Bagi yang belum terlalu mengenal Clash of Clans, singkatnya begini:
anda akan diserahi untuk memimpin sebuah kota yang dibangun dengan elixir dan emas yang didapat dari tambang
di awal anda akan punya dua pekerja untuk membangun kota
bangunan dibuat dengan memilih item kemudian menempatkannya
anda bisa membangun pasukan untuk menyerang kota lain atau memenuhi quest
kota yang pemiliknya sedang aktif tidak bisa diserang. Jadi anda tidak akan mendapat notifikasi jika ada yang menyerang kota anda selama anda ‘aktif’ memainkannya. Kota anda baru bisa diserang jika tidak ada shield yang aktif, atau anda tidak sedang membukanya
bisa melakukan clan war
ketika anda diserang, jangan takut bangunan anda habis tidak tersisa. Semakin banyak yang hancur, anda akan mendapat gratis bonus shield sebanding dengan prosentase kehancuran kota anda. Anda tidak rugi apa-apa, kecuali resource dan trophy.
Kedengarannya mudah ya? Iya, memang simple, tapi bagaimana anda bisa membangun kota, membangun pasukan, menyerang kota lain, dan membangun clan berbarengan dengan cepat dan efisien? Tentu ada tips-nya kan? Baca terus….

Sabar, simpan gems anda
Gems itu gunanya banyak sekali, bisa untuk mempercepat proses (membuat bangunan, menyusun pasukan, dll. Perihal mempercepat proses, ini benar-benar menggoda. Karena semakin lama anda bermain, maka resource yang dibutuhkan dan waktu pembangunan akan meningkat. Jangan sampai anda tergoda. Simpan Gems anda sampai benar-benar dibutuhkan. Sekarang saya sedang menunggu sampai 500 untuk bisa membangun Builder’s Hut yang ketiga. Membangun hanya dengan dua builder’s hut itu lambat sekali, hehe… Sebaiknya gunakan Gems untuk membuat bangunan yang terbatas waktu ketersediaannya. Intinya, bermainlah dengan sabar, jangan buang Gem anda hanya untuk mempercepat proses. Kalau anda bosan menunggu karena waktu pembangunan yang terlampau lama, mainkan beberapa game sejenis. Misalnya Candy Crush Saga, Tapped Out, Samurai Siege, atau Total Conquest. Mainkan secara bergiliran. Hehe… Atau, kembalilah pada pekerjaan atau keluarga anda. Seriously!
Serang saja begitu punya pasukan
Cara anda membangun kota akan tergantung pada bagaimana anda mendeskripsikan pribadi anda. Apakah anda tipe orang yang mementingkan pertahanan dan besarnya kota? Atau anda tipe agresif yang lebih suka bertindak ofensif daripada duduk dan mengayun kaki memikirkan bagaimana anda membuat kota anda lebih aman, indah, dan besar? Hmmm…. Apapun kepribadian anda, satu hal dalam Clash of Clans yang harus anda ingat: menyerang dengan tipe pasukan yang pas untuk mendapatkan resource itu lebih cepat daripada membangun tambang level tinggi dan menunggunya menghasilkan gold dan elixir untuk kota anda.

Membangun pertahanan kota yang bagus
Pertahanan kota anda tergantung dengan bagaimana anda menempatkan bangunan dan membangun tembok disekitarnya. Tipsnya begini:
tempatkan bangunan penyimpanan gold dan elixir di tempat yang paling terlindung
gunakan mortar sebagai senjata utama, tempatkan di tengah
gunakan canon dan tower di sekeliling untuk menangkal serangan
buat tembok untuk melindungi setiap bangunan, bukan tembok melingkar untuk semua bangunan
posisikan senjata pertahanan untuk sebisa mungkin melingkupi sebanyak mungkin bangunan
senjata yang kuat diletakkan di tengah kota
letakkan bangunan yang relatif kurang penting diluar. Supaya sistem pertahanan anda punya waktu untuk menembaki mereka
Membangun aliansi dengan kota lain
Ketika level kota anda sudah bagus, dan anda sudah menyelesaikan level single player, membangun ulang castle anda, itu waktunya anda bergabung dengan pemain lain. Bukan cuman karena anda akan menambah banyak teman (dan juga musuh), tapi dengan menjalin hubungan dengan pemain lain anda akan bisa mendapat banyak keuntungan. Yang anda harus pahami adalah, jangan cuman mengharap bantuan, anda juga harus membantu pemain lain. Anda akan menjadi bagian dari sebuah tim. Jangan ragu untuk meminta nasehat dari pemain lain. Kebanyakan memang berbahasa Inggris, jadi ini juga kesempatan bagus untuk berlatih menggunakan bahasa Inggris. Tidak perlu malu, karena mereka tidak tahu anda, haha…

Memilih kota untuk diserang
Ini selalu menantang. Tapi sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut, supaya pengeluaran anda untuk membangun pasukan tidak percuma dan menghasilkan resource dan trophy secara maksimal.
lihat dulu resource yang dimiliki kota yang akan anda serang itu. Kalau cuman sedikit, lewatkan saja. Karena sekali pasukan anda digelar, mau menang atau kalah, pasukan anda itu tidak akan kembali, jadi anda harus terus membangun pasukan
lihat level dari Town Hall kota tersebut. Pilih yang sedang. Jika dia ketinggian, atau jauh lebih tinggi dari level kota anda, kemungkinan menangnya jadi kecil. Kalau nekat pilih Goblins saja yang fokus menyerang resource.
lihat pertahanan kota tersebut. Jika pertahanan mereka bagus dari sisi penempatan senjata, maka sebaiknya anda memakai pasukan yang kuat dan punya kemampuan khusus. Kemudian perhatikan tempat yang tidak terlalu terlindung atau relatif terbuka untuk diserang pertama kali.
Jangan tempatkan pasukan anda di tempat yang bisa dijangkau dua atau lebih senjata pertahanan lawan. Akan sia-sia saja.
Anda bisa mencoba-coba dan membangun insting dengan menyelesaikan single-player mode dulu. Nanti anda akan tahu musti bagaimana bisa menang dengan jumlah dan jenis pasukan yang sama untuk menyerang kota tertentu.
Jika anda sedang mencari resource, kirim Goblins sebanyak-banyaknya. Jika anda mencari trophy, kirim pasukan dengan kombinasi yang baik. Coba-coba-lah.
Ingat bahwa anda tidak punya kontrol terhadap pasukan begitu mereka anda deploy – perintah untuk menyerang. Mereka akan memilih sendiri.


Tips Umum:
Awal bermain, upgrade semua bangunan yang dalam selesai dalam hitungan menit atau jam
upgrade bangunan yang perlu waktu 1d atau lebih bila level Town Hall kita sudah cukup besar, sekitar level 6

Bangun Builder Hut sebanyak mungkin
Cara terbaik untuk mendapatkan Gold dan Elixir adalah dengan attack/menyerang
Secepatnya upgrade Town Hall
Gems paling tepat digunakan untuk membeli Builder Hut
Turunkan trophy untuk mendapatkan lawan yang lebih mudah
Pemilihan lawan bukan berdasarkan Level Town Hall, melainkan berdasarkan Trophy
Setelah mengumpulkan resource yang banyak, village kita pasti akan menjadi incaran para lawan untuk diserang dan diambil resourcenya
Cara yang paling bagus dalam bertahan dari serangan musuh
Request troops Wizard dan Archer (kombinasi yang bagus untuk bertahan) atau Naga

Taruh Town Hall di luar wall.
Terkadang ada musuh yang cuma mengincar Town Hall untuk melengkapi achievement dan tidak memikirkan untuk mengambil resource. Sehingga bila Town Hall kita hancur, kita akan mendapatkan shield 12 jam (cukup untuk tidur nyenyak sampe besok).

Turunkan sedikitnya 200 trophy.
Sehingga lawan yang kita temui lebih mudah

Taruh Clan Castle di tengah-tengah, agar musuh susah untuk memancing pasukan yang ada di Clan Castle
Taruh Seeking Air Mine didekat air defense, biasanya setelah air defense hancur, musuh langsung mengeluarkan healer ditempat air defense tersebut
Penempatan Spring Trap adalah diantara wall, sehingga terlihat seperti jalan masuk yang tidak dijaga
Cara terbaik untuk tidak diserang musuh adalah ONLINE terus

Menyerang
siapkan pasukan : 1-2 healer, 14-16 giant, 4 bomb, sisa goblin dan archer
Setelah camp penuh dengan pasukan, buat pasukan lagi sehingga setelah selesai perang, pasukan kita sudah ada sebagian dan kita tidak harus menunggu terlalu lama sampai pasukan kita sudah siap perang lagi
Untuk memilih lawan, kita dikenakan biaya. Besaran biaya tergantung dari level Town Hall. Artinya semakin tinggi level Town Hall, semakin besar pula biaya untuk memilih lawan
Jangan ragu untuk mengeluarkan gold yang banyak untuk memilih lawan
Carilah lawan yang memiliki banyak gold dan elixir, min 100rb
Kalau bisa lawan yang tidak ada air defense nya or air defense dipinggir
Pancing pasukan yang ada di Clan Castle lawan hingga keluar dari jangkauan defense dan lawan dengan archer
Setelah itu keluarkan Giant di tempat terdekat ke air defense, bila ada tembok, hancurkan pakai bomb
Setelah air defense hancur, baru keluarkan healer. Biarkan Giant menghancurkan sebagian besar defense musuh. Setelah itu baru keluarkan goblin untuk mengambil gold dan elixir
Cara mudah mendapatkan gems tanpa harus membeli

Gems bisa didapat gratis dari melengkapi achievement. Berikut adalah achievement yang menurut saya paling gampang untuk didapatkan:
1250 trophy mendapatkan 450 gems
2000 trophy mendapatkan 250 gems
2600 trophy mendapatkan 1000 gems
3200 trophy mendapatkan 2000 gems

Cara mendapatkan trophy:
Cara mudah untuk mendapatkan trophy adalah pada saat kita mau menyerang, pilihlah lawan yang menaruh Town Hall diluar pagar dan hancurkanlah Town Hall lawan tersebut dengan Archer. Dengan menghancurkan Town Hall kita sudah mendapatkan trophy. Lakukan berulang kali sampai trophy terpenuhi.
Pada saat Town Hall di level 7, lebih mudah mencari lawan yang banyak gold dan elixir daripada Town Hall level 8. Jadi saat Town Hall level 7 lebih baik upgrade defense sampai mentok.
Clan Castle: Di sekitar desa Anda, di antara pepohonan dan bebatuan, Anda akan menemukan sebuah bangunan yang rusak. Benar sekali, bangunan tersebut adalah Clan Castle. Bila sumber daya Anda sudah mencukupi, segera perbaiki Clan Castle Anda. Setelah selesai diperbaiki, Anda bisa membuat Clan Anda sendiri, atau bergabung di Clan lain.




Perbaiki Clan Castle Anda untuk membuat Clan baru atau bergabung dengan Clan yang sudah ada.


Clan: Pada umumnya sebuah Clan memiliki syarat masuk yang ditentukan dengan level trofi. Misalnya saja, Clan A memiliki syarat 1400 trofi, berarti untuk bisa bergabung di Clan A, Anda harus memiliki trofi sebanyak 1400 atau lebih. Di samping itu, Clan masih dibagi menjadi tiga type, yaitu
 Anyone can join (semua pemain bisa bergabung tanpa persetujuan), Invite only (hanya pemain yang disetujui Clan Leader/Co-Leader yang bisa bergabung), dan Closed (tertutup atau penuh, tidak menerima anggota baru).




Di dalam sebuah Clan, patuhilah semua peraturan yang ada, lakukan interaksi dengan anggota lain dengan berbagi pasukan atau berdiskusi seputar serangan dan pertahanan (atau hal-hal lain yang bisa menghidupkan suasana obrolan/chat dalam Clan).

Setelah bergabung di Clan, Anda bisa meminta pasukan yang dapat digunakan untuk menjaga desa maupun menyerang desa pemain lain. Jangan lupa untuk mendonasikan pasukan Anda pada anggota Clan lain. Jumlah pasukan yang Anda dapatkan tergantung pada level Clan Castle Anda (Level 1 - 10 pasukan, 2 - 15, 3 - 20, 4 - 25, 5 - 30, 6 - 35).


Clan War: Bila trofi Anda sudah mencukupi, Anda bisa mengikuti Clan War. Apa itu Clan War? Clan War adalah peperangan antar Clan yang berlangsung selama dua hari. Hari pertama adalah hari persiapan perang. Di hari pertama, para anggota Clan akan saling memberikan donasi pasukan untuk memperkuat pertahanan desa masing-masing. Hari kedua adalah hari peperangan antar Clan.

Di hari kedua, setiap anggota Clan memiliki dua kesempatan untuk menyerang desa Clan lain. Clan yang mampu mengumpulkan bintang paling banyak selama hari peperangan adalah pemenangnya. Setiap anggota Clan yang berhasil mendapatkan bintang dalam serangannya akan mendapatkan harta jarahan dengan jumlah yang relatif besar (tergantung level desa yang diserang).




Di hari kedua Clan War, pilihlah desa yang sekiranya bisa Anda hancurkan 100% (3 bintang), jangan memaksakan untuk menyerang desa berlevel tinggi.

Dalam Clan War, setiap desa biasanya akan dijaga oleh pasukan dengan level yang tinggi (seperti naga, wizard, dan archer). Oleh karena itu, usahakan untuk memancing pasukan tersebut keluar dari Clan Castle sejauh mungkin (diluar jangkauan bangunan pertahanan) untuk kemudian dilumpuhkan terlebih dahulu (bisa dengan pasukan atau spell petir), baru kemudian menyerang bangunan pertahanan musuh (dan bangunan-bangunan lain hingga 100%).


Biasakan untuk melumpuhkan pasukan Clan Castle musuh terlebih dahulu sebelum menyerang bangunannya.

______________

Sementara itu dulu tips dan trik bermain game Clash of Clans yang dapat kami rangkum dalam kesempatan ini, bila Anda memiliki kiat-kiat atau strategi jitu dalam memainkan Clash of Clan, jangan ragu untuk membagikannya via kotak komentar, terima kasih :)



Comments

Popular posts from this blog

Cara jitu mempercepat download (NO HOAX)

Disclaimer Trick di bawah ini murni temuan ane sendiri dan sudah pasti tidak repost. Kalaupun ada yang mengaku sudah menggunakan cara ini, berarti kita memang berjodoh dan punya pemikiran yang sangat mirip  Ini bukan trick sulap atau sihir yang dijanjikan bisa buat kecepatan download anda sekejap bertambah cepat dengan beberapa klik. TRIK INI MEMBUTUHKAN BEBERAPA PERJUANGAN tapi ane jamin hasilnya akan SANGAT MEMUASKAN Trick ini tidak membutuhkan anda mengeluarkan uang sedikitpun untuk membeli premium account Trick ini menggunakan program freeware alias gratissss. Adapun program trial yang digunakan bersifat optional alias boleh dipake boleh juga ngga Sebelum ane ngomong panjang lebar, ane kasih liat dulu buktinya. cekidot: Spoiler  for  BUKTI :  ini adalah kecepatan asli ane tanpa trik ini kecepatan setelah pakai trik ini adalah screen shot download manager ketika ane download film dari medi*fire. Perhatikan kecepatannya gan  Selamat malam agan2 sekalian. Hari ini ane

Cara Mengganti Ekstensi File atau format file Di Windows 7

Cara Mengganti Ekstensi File Di Windows 7 Jika Anda mengubah ekstensi nama file tidak cocok, file tersebut tidak akan terbuka dengan benar, bahkan tidak bisa terbuka. Itulah sebabnya nama ekstensi   file format   biasanya tersembunyi secara default pada Windows. Tapi kadang-kadang akan lebih mudah jika Anda dapat melihat ekstensinya. Pada Windows 7, pertama, Anda klik pada tombol Mengatur pada menu Folder, kemudian pilih Folder dan Cari Pilihan dalam menu drop-down. Ketika kotak   dialog   Folder Options   muncul, buka   tab View , klik hapus centang di “ Hide extensions for known files type" nomor 2 yang kelihatan dari gambar. dan  Klik apply dan OKuntuk menyelesaikan Lalu kita buka file yang ingin kita ganti ekstensinya, dengan menggunakan rename file tersebut dan diakhiri dengan tipe/format ekstensi yang kita inginkan,, misalnya saya ingin merubah file film saya yang masih berbentuk .rar menjadi .mkv seperti berikut ini:  Dan file ters

cheat game perfect World terbaru 100% work

Perfect World Cheats MMORPG » Perfect World Perfect World Cheats Categories Perfect World Bots PW Bots for Perfect World 40 PW Bots Perfect World Exploits PW Exploits for Perfect World 9 PW Exploits Perfect World Guides PW Guides for Perfect World 28 PW Guides Perfect World Hacks PW Hacks for Perfect World 34 PW Hacks Perfect World Private Servers PW Private Servers for Perfect World 29 PW Private Servers Perfect World Scams PW Scams for Perfect World 2 PW Scams Latest PW Cheats Latest PW Bots PW Bots Bot PW Revolution + Patch Mei 2012 LOVE PW BOT HUNT WQ-BOT/HUNT BOT/ELEMENT CLIENT RENAMER FOR PW IND (CLEAN) Oracle(RISER) New Chinese Bot Latest PW Exploits PW Exploits Perfect World FriendsQuest Glitch (PWI,Indo,privateServer) Pw Nude Mod Good Quality Old Pw Patch Work On Private Server Multi-C